Riwayat Hidup Buddha Gotama

PENDAHULUAN

Keberadaan agama Buddha tidaklah terlepas dari riwayat hidup Siddhattha Gotama (Sanskerta: Siddhārtha Gautama) yang kemudian dikenal dengan sebutan Sang Buddha (Ia Yang Telah Sadar), sebagai penemu dan pengajar ajaran yang juga disebut dengan Buddha Dhamma (Ajaran Buddha).

Riwayat hidup Buddha Gotama yang dipaparkan di bawah ini hanyalah merupakan garis besar dari kehidupan Beliau selama 80 tahun yang dimulai dari kelahiran-Nya sebagai Pangeran Siddhattha hingga kemangkatan mutlak-Nya (Pali: parinibbāna; Sanskerta: parinirvāna), serta beberapa peristiwa penting dalam kronologi pembabaran Dhamma oleh-Nya. Riwayat hidup Buddha Gotama ini juga merupakan kompilasi dari beberapa sumber termasuk Tipitaka Pali, seperti kisah Pencarian Mulia yang terdapat di dalam Sutta Ariyapariyesana (Majjhima Nikaya 26, Tipitaka Pali).

Untuk mengetahui riwayat hidup Buddha Gotama secara panjang lebar berdasarkan pada kepustakaan Buddhis dalam bahasa Pali, disarankan untuk membaca buku elektronik (buku-e) Riwayat Agung Para Buddha (The Great Chronicle of Buddhas) karya Yang Mulia Sayadaw U Vicittasarabivamsa (Mingun Sayadaw).

Terdapat istilah-istilah khusus dalam riwayat hidup Buddha Gotama di bawah ini yang menggunakan bahasa Pali sebagai rujukan utamanya. Pembaca dapat membaca catatan yang berkaitan dengan istilah khusus tersebut.

 

DAFTAR ISI

Pendahuluan

Kelahiran dan Kehidupan Istana Pangeran Siddhattha

Pelepasan Keduniawian Pangeran Siddhattha

Kehidupan Petapa Gotama

Pencerahan Agung

Pemutaran Roda Dhamma

Empat Puluh Lima Tahun Membabarkan Dhamma

Perjalanan Terakhir

Maha Parinibbana

Permasalahan Sejarah

Tersimpan di Sejarah