Tentang Bhagavant

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammāsambuddhassa

“Berkelanalah, O, Para bhikkhu, demi kesejahteraan banyak makhluk, demi kebahagiaan banyak makhluk, demi belas kasih terhadap dunia, demi kebaikan, kesejahteraan, dan kebahagiaan para dewa dan manusia. Jangan pergi berduaan ke jalan yang sama. Ajarkanlah, O, Para bhikkhu, Dhamma yang indah di permulaan, indah di pertengahan, indah di akhir, dalam makna dan dan kata yang benar. Ungkapkanlah kehidupan suci yang lengkap dan murni sempurna. Ada makhluk-makhluk dengan sedikit debu di mata mereka yang akan jatuh karena mereka tidak mendengarkan Dhamma. Ada di antara mereka yang dapat memahami Dhamma.” (Dutiyamārapāsa Sutta; Samyutta Nikaya 4.5)

Apa Bhagavant.com itu?

Bhagavant.com adalah sebuah situs religius atau keagamaan yang berdasarkan pada ajaran agama Buddha. Nama ‘bhagavant‘ sendiri diambil dari sebuah kata dalam bahasa Sanskerta kuno maupun bahasa Pali yang identik dengan kata ‘bhagava‘ yang berarti ‘beruntung’ atau sering diterjemahkan sebagai ‘Yang Terberkati’ (Blessed One), ‘Yang Termulia’ (Exalted One) , yang semuanya mengacu kepada sebutan untuk Buddha Gotama (Sanskerta: Gautama).

Bhagavant.com bukanlah sebuah yayasan dan juga bukan sebuah organisasi Buddhis, serta tidak berafiliasi atau bernaung di bawah organisasi Buddhis manapun yang ada di Indonesia maupun yang ada di mancanegara. Di situs Bhagavant.com ini kita dapat menemukan berbagai informasi mengenai ajaran dasar, berita mingguan, dan artikel Buddhis. Kita juga bisa mengunduh (download) berbagai gambar latar (wallpaper), animasi , dan lainnya yang bernuansakan Buddhis.

Latar Belakang

Buddha Dhamma (Sanskerta: Dharma) adalah sebuah ajaran, sebuah jalan hidup (way of life) dari masa lampau yang tidak lapuk oleh perkembangan jaman karena dapat diterapkan kapan dan dimana saja. Sebuah ajaran yang mengundang untuk dibuktikan. Sebuah ajaran yang indah pada permulaannya, pada pertengahannya, dan indah pada akhirannya. Sebuah ajaran, sebuah jalan yang dapat menuntun semua makhluk ke arah padamnya penderitaan secara total sebagai tujuan akhirnya.

Seseorang tidak akan sampai pada tujuan yang ditujunya jika ia tidak memulainya dengan langkah awal di jalan yang menuju tujuan akhir kita. Untuk itu, dalam rangka menjadi sebuah langkah awal di dalam mengetahui, mengenal, mempelajari, dan memahami Buddha Dhamma bagi para pemula, serta tergerak untuk melestarikan Buddha Dhamma demi manfaat, kebahagiaan, dan kesejahteraan semua makhluk, maka bertepatan pada Vaiśākha Puja 2550 EB (Era Buddhis) / 2006, maka Bhagavant.com mulai diterbitkan.

Asas

Situs Bhagavant.com berasaskan pada inti ajaran Buddha Gotama yang tertuang dalam literatur-literatur Buddhis dari beragam tradisi Buddhis. Sebagai sumber utama, Bhagavant.com berpedoman pada Kanon Pali yang merupakan kanon atau kitab suci dari salah satu tradisi tua Buddhisme, yang isinya juga terdapat dalam kanon-kanon tradisi tua lainnya yang berbahasa Sanskerta. Istilah-istilah keagamaan yang dipergunakan dalam Bhagavant.com secara umum menggunakan bahasa Pali dan beberapa bagian berbahasa Sanskerta.

Misi

Melestarikan Buddha Dhamma dan berusaha menjadi sebuah langkah awal dalam mengetahui, mengenal, mempelajari dan memahami Buddha Dhamma dengan cara yang berbeda.

Visi

Memberikan pengetahuan bagi mereka yang belum tahu, memberikan pemahaman yang kritis bagi mereka yang belum paham, dan memberikan pemantapan keyakinan (Pali: saddhā; Sanskerta: śraddhā) terhadap Buddha, Dhamma, dan Saṅgha, sehingga dapat memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi mereka.

Moto

”Langkah awal menuju Nibbāna” – “The First Step to Nibbāna

Sasaran

Keberadaan Bhagavant.com ditujukan untuk kalangan umum, siapa saja yang berkeinginan melangkahkan kakinya untuk mengetahui, mengenal, mempelajari, dan memahami Buddha Dhamma, sebagai langkah awal dari perjalanan menuju Nibbāna.

Konsep Desain Situs

Don’t judge a book by its cover!” – ”Janganlah menilai buku dari sampulnya!” Bhagavant.com berusaha untuk tidak terjebak masuk ke dalam kategori “buku” yang bersampul menarik tetapi mengandung isi yang tidak menarik ataupun sebagai “buku” yang bersampul tidak menarik tetapi mengandung isi yang menarik. Tetapi Bhagavant.com berusaha menjadi “buku” yang memiliki sampul yang menarik dan sekaligus mengandung isi yang menarik.

Bhagavant.com didesain sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat menjadi situs yang menarik dalam penampilan dan juga menarik dalam isi yang terkandung di dalamnya. Tema desain yang ditampilkan dalam situs Bhagavant.com yang terdiri dari gambar, animasi dan warna disesuaikan dengan citra yang dibangun yaitu situs bernuansa Buddhis dengan paduan budaya Indonesia dan India yang diterapkan secara modern. Serba-serbi tema situs Bhagavant.com dapat dilihat dengan mengakses: Tema desain Bhagavant.